Penataan Rumah Yang Tepat Untuk Keperluan Sekolah Anak

keperluan sekolah

Jika anda memiliki anak yang masih sekolah, maka hal yang paling penting adalah menata rumah anda agar lebih mudah dalam menyiapkan keperluan sekolah anak anda, seperti yang adoracaoextravagante2001.com kutip dari liputan6 berikut.
Bagi Anda yang anaknya sudah bersekolah, pagi hari bisa jadi saat yang paling sibuk. Mulai dari menyiapkan seragamnya, buku pelajaran, bekal makan siang, hingga sepatu. Yang menyebalkan, adakalanya barang-barang yang dicari juga sulit ditemukan.

Dan agar Anda tidak senewen tiap pagi, maka cobalah mulai menata rumah agar semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk ke sekolah lebih terorganisir dan dapat mendukung kegiatan anak. Untuk itu simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Siapkan Drop- Zone

Untuk membuat sebuah drop-zone Anda tidak memerlukan area yang luas, cukup satu sisi di dekat pintu dan gunakan 1-2 gantungan.

Sediakan sebuah area khusus di dekat pintu rumah sebagai tempat anak mengambil barang-barang yang akan dibawa ke sekolah seperti tas, topi, jaket, dan sepatu. Dan gunakan tempat ini untuk mereka menyimpan barang-barangnya kembali.

Untuk membuat sebuah drop-zone Anda tidak memerlukan area yang luas, cukup satu sisi di dekat pintu dan gunakan 1-2 gantungan.

2. Manfaatkan Bagian Belakang Pintu atau Lemari

Gunakan gantungan tempel di belakang pintu masuk atau lemari jaket untuk memaksimalkan penggunaan ruangan. Tempelkan setinggi anak agar mereka bisa dengan mudah meraihnya. Gantungan ini bisa juga digunakan untuk menyimpan topi, payung, atau jaket anak.

3. Trik Menyimpan Sepatu

Buat sepatu agar lebih mudah ditemukan dan dirapikan. Jangan tumpuk sepatu semua anggota keluarga dalam satu tempat karena ketika seringkali salah mengambil sepatu dan hanya akan membuatnya menjadi berantakan.

Tidak harus membeli rak sepatu baru, Anda bisa mendaur ulang kotak atau kardus bekas, mengecatnya, dan memberikan inisial nama sebagai tempat sepatu khusus untuk anak.

4. Siapkan Bekal Anak

Sediakan satu rak khusus untuk menaruh bekal anak-anak ini sehingga Anda akan lebih mudah mengambilnya.

Untuk lebih menghemat waktu Anda di pagi hari siapakan bekal anak sehari sebelumnya. Anda bisa menggunakan keranjang berisikan beberapa pak plastik bekal. Isi plastik itu bisa buah-buahan, sayuran, biskuit, kue, atau camilan lain.

Sediakan satu rak khusus untuk menaruh bekal anak-anak ini sehingga Anda akan lebih mudah mengambilnya.

5. Sediakan Tempat untuk Mengerjakan Tugas

Ketika membeli perlengkapan sekolah seperti alat tulis, siapkan juga alat tulis tambahan untuk ditaruh di rumah. Sediakan juga tempat khusus bagi anak-anak untuk mengerjakan tugas dan simpan alat tulis tambahan di tempat tersebut.

Membeli ekstra alat tulis tidak hanya berguna untuk digunakan di rumah tetapi juga berguna ketika persediaan untuk anak di sekolah habis, hilang atau rusak.

6. Organisir Kertas-kertas

Saking banyaknya kertas tugas atau tes membuat kertas-kertas tersebut beresiko tercecer. Untuk memudahkan penyimpanan, sediakan sebuah papan khusus untuk menaruh jadwal pelajaran, kalender akademik, menu makan siang dan catatan penting lain yang harus diingat.

Selain menjaga agar tidak hilang, meja di rumah Anda pun akan menjadi bersih dari tumpukan kertas. Anda bisa menyediakan satu kotak khusus untuk anak-anak menaruh kertasnya ketika mereka pulang sekolah, sebelum Anda merapikannya di papan penyimpanan.
Previous
Next Post »